Sabtu, 25 September 2021

Mekanisme Kerja Thermostat Mobil



Mobil merupakan kendaraan yang memudahkan mobilitas manusia kekinian. Mesin mobil terdiri dari berbagai macam komponen yang memiliki hubungan satu sama lain. Komponen-komponen ini bekerja saling mendukung untuk menjalankan tugas masing-masing. Salah satu komponen penting pada mobil yaitu sistem pendingin mesin mobil yaitu thermostat. Fungsi komponen pendingin mesin mobil yaitu sebagai pengatur sirkulasi cairan pendingin mesin dari radiator. Komponen pendingin mesin mobil memiliki peran penting untuk selalu menjaga suhu mesin agar tetap stabil. Komponen pendingin ini juga berguna untuk mencegah mesin mengalami overheat.

Fungsi komponen pendingin ini sangat penting bagi mobil, berikut cara kerja thermostat yang perlu kamu ketahui! 

Karena fungsi komponen pendingin pada mesin mobil adalah untuk membantu radiator agar suhu mesin tetap teraga, maka cara kerja komponen pendingin mobil selalu mengikuti komponen pendingin lainnya. Pertama-tama air dipompa menuju mesin oleh water pump. Lalu air mengaliri water jacket, yaitu sebuah jalur air yang memutari mesin. Saat air mengalir ke water jacket, air pendingin menangkap suhu panas pada mesin mobil, kemudian akan keluar melalui selang. Air ini kemudian akan mulai memasuki bagian atas radiator. Hasilnya akan ada pengurangan suhu berkat air pendingin pada radiator. Suhu panas yang ditemukan pada mesin mobil akan dibuang dari kisi-kisi kecil yang ada pada radiator. Kemudian panas yang berasal dari kisi-kisi berpindah ke udara, hal ini didukung dengan kipas yang dipasang dibalik radiator.

Suhu air akan turun sesudah melewati kisi-kisi yang ada di dalam radiator. Air kemudian keluar dari selang bagian bawah dan dipompa menuju mesin. Hal ini sebagai bentuk cara kerja thermostat untuk mendinginkan suhu lagi. Cara kerja komponen pendingin ini terjadi secara berulang-ulang. Apabila mobil tidak memiliki komponen pendingin, maka mesin mobil rentan mengalami overheat. Jangan sampai komponen mesin pendingin pada mobil rusak. Apabila sudah rusak, segera service mobil Anda! Seva.id memiliki fitur booking service yang dapat dimanfaatkan untuk membenahi atau mengganti komponen pendingin mesin mobil. Segala bentuk layanan Seva.id sudah terpercaya lho!

0 komentar:

Posting Komentar