Jumat, 03 September 2021

4 Cara Praktis Mengenal Permainan Catur


Untuk Anda yang baru mengenal permainan catur, rasanya akan sangat bingung untuk menentukan langkah dan memahami beberapa istilahnya. Sebenarnya permainan ini sangat mudah untuk dipahami dan tidak begitu sulit dalam mengenalnya. Mungkin beberapa game Anda akan sangat cepat untuk mulai mengenalnya. 

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara mudah dalam melakukan permainannya, hal ini sangat penting untuk dilakukan agar bisa meningkatkan kemampuan kedepannya. Nah, berikut ini tahapan-tahapan mudah untuk memulai pertandingannya, simak penjelasan lengkapnya. 

Cara Mudah Main Catur

1. Menyusun Papan Game 

Mungkin untuk Anda yang memulai bermain secara online, rasanya tahapan ini tidak perlu lagi dijelaskan secara lebih rinci, karena sudah otomatis tersusun. Namun, apabila Anda memulai pada papan yang sederhana atau fisiknya, maka sangat penting untuk memahaminya. Karena, ini pengetahuan dasar untuk memulai permainan. 

Dalam permainan ini terdapat 64 kotak yang berwarna hitam dan putih, terdapat 8 pion, 2 kuda, 2 benteng, 2 gajah, 1 menteri atau ratu, dan 1 raja. Mengenai bidak atau karakternya itu terdiri dari warna hitam dan putih juga. Mengenai posisinya pada bagian depan itu diisi oleh 8 pion, bagian belakang terdapat raja dan sampingnya ratu. Disamping raja dan ratu itu ada gajah, kuda, dan benteng yang terbagi dari kiri ke kanan secara berurutan. 

2. Gerak Buah 

Setelah memahami proses penyusunanya, langkah berikutnya Anda harus mulai memahami gerakan dari bidak yang ada. Hal ini sebetulnya tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengenal pergerakan dari beberapa buah yang ada. Mulai dari raja, hanya boleh satu langkah saja dengan pergerakan bebas, bisa kekiri, kekanan, kesamping, dan diagonal. 

Selanjutnya untuk ratu atau menteri sendiri mempunyai kebebesan dalam bergerak dan paling mempunyai peranan, karena pergerakannya sama seperti benteng dan gajah. Lalu, kuda untuk bergeraknya paling unik dan mirip dengan gerak huruf L. Gajah, bergerak pada area terbuka dan hanya bisa dalam posisi diagonal. 

Untuk benteng sendiri hanya bisa bergerak maju, mundur, dan samping serta diberikan kebebasan untuk melangkah lebih jauh. Terakhir buah pion atau budak, untuk melangkahnya hanya ke depan dan satu kotak saja atau langkah. 

3. Hindari Buang Buah 

Dalam permainan catur sebenarnya meminimalisir membuang buah pada game, karena apabila pasukan Anda habis dan tersisa sedikit kemungkinan untuk menang sangat tipis. Kondisi ini harus Anda perhatikan dan memahaminya. Apalagi setiap buah yang ada itu memiliki poin yang berbeda-beda antara satu sama lainnya. 

Untuk buah bidak atau pion itu bernilai satu, kuda memiliki nilai 3, gajah sama dengan kuda, benteng mempunyai nilai 5, menteri 9, dan raja harus dilindungi dan berharga.

4. Maksimalkan Buah Game 

Berbagai langkah dan tindakan memang harus diperhitungkan dalam permainan ini, sehingga Anda harus mampu memaksimalkan semua potensi yang ada. Jangan mengabaikan setiap buah yang ada, karena semuanya bisa dimanfaatkan secara jelas. Terpenting Anda jangan bermain dan mengandalkan satu karakter saja, karena itu hanya akan mudah dibaca. 

Tentunya Anda harus bisa mencari berbagai strategi dan langkah yang jitu agar bisa mendapatkan kemenangan yang diharapkan. 

Itulah beberapa cara yang mudah dalam mengenal dan memahami permainan catur, tentunya game ini sangat mudah untuk dimengerti dan tidak terlalu sulit. Apabila Anda ingin mempraktekkannya langsung dalam bermain, dapatkan permainan catur di blibli.com. 

0 komentar:

Posting Komentar