Sabtu, 03 Juli 2021

Mengenal 4 Jenis Tabung Oksigen yang Berguna Memasok Oksigen ke Paru-paru


Tabung oksigen berisi oksigen dengan kadar hingga 95 persen. Hal ini tentunya dapat memaksimalkan kinerja paru-paru dalam menyuplai oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan adanya bantuan tabung oksigen kepada pasien, maka pasokan oksigen menuju paru-paru akan meningkat. Apabila Anda memerlukan terapi oksigen dengan tabung oksigen untuk kondisi paru-paru, ada beberapa pilihan yang tersedia. Lalu, apa saja tabung oksigen yang bisa dipilih?

Tabung oksigen merupakakan alat bantuan pernapasan dalam dunia medis, terutama bagi pasien yang sedang melangsungkan perawatan. Saat sedang sakit, kinerja dari paru-paru seseorang tak bisa maksimal. Asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang, hingga timbullah sesak napas, tubuh lemas, dan pucat.

Tabung oksigen berisi oksigen dengan kadar hingga 95 persen. Hal ini tentunya dapat memaksimalkan kinerja paru-paru dalam menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Dengan adanya bantuan tabung oksigen kepada pasien, maka pasokan oksigen menuju paru-paru akan meningkat.

Apabila Anda memerlukan terapi oksigen dengan tabung oksigen untuk kondisi paru-paru, ada beberapa pilihan yang tersedia. Lalu, apa saja tabung oksigen yang bisa dipilih? Melansir dari laman Web MD, ada 4 jenis tabung oksigen.

Sistem gas terkompresi

Sistem gas terkompresi ini dapat dilakukan di rumah. Sistem ini meliputi konsentrator oksigen stasioner dengan tabung. Saat bepergian ke luar, Anda dapat membawa tabung oksigen portabel. Saat ke luar dengan tabung oksigen portabel, Anda akan menggunakan perangkat penghemat oksigen. Kadar oksigen yang diberikan kecil, untuk membantu tabung bertahan lebih lama.

Konsentrator oksigen rumahan

Jenis yang satu ini juga disebut sebagia konsentrator oksigen standar. Sistem ini dapat dipakai di rumah dan dihubungkan ke stop kontak listrik. Kerjanya, menarik udara dari ruangan, lalu menghilangkan nitrogen dan kotoran. Terakhir, memberikan oksigen murni ke Anda.

Sistem oksigen cair

Jenis terapi oksigen ini juga menggunakan tabung oksigen yang portable. Penggunanya akan mengisi ulang oksigen dari reservoir oksigen.

Sistem konsentrator oksigen portabel

Sistem konsentrator oksigen portable bertenaga listrik ini dapat dibawa dengan mudah ke mana-mana. Anda dapat menggunakannya dengan mengikatkan ke punggung atau ditarik ke belakang dengan roda. Sistem ini berjalan dengan listrik atau baterai biasa yang dayanya dapat diisi di mana saja, bahkan di dalam mobil.

Demikian beberapa jenis tabung oksigen yang dapat dipilih untuk membantu pernapasan.

0 komentar:

Posting Komentar