Rabu, 07 Juli 2021

Cara Mengatasi Baby Blues Dengan Efektif


Apakah Anda pernah mendengar istilah baby blues sebelumnya? Secara singkat, baby blues adalah perubahan suasana hati secara mendadak dan signifikan yang dialami oleh seorang ibu yang baru melahirkan. Gangguan ini bisa dikatakan cukup merepotkan. Oleh karenanya, mengetahui cara mengatasi baby blues menjadi penting.

Beberapa kalangan mengatakan jika baby blues terjadi karena perubahan hormon ibu hamil. Hormon yang tidak stabil mempengaruhi kimia otak dan menyebabkan mood swing. Selain itu, waktu tidur yang secara drastis berubah juga disinyalir menjadi sebab masalah ini.

Lantas, bagaimana cara untuk mengatasi masalah baby blues dengan efektif dan tepat? Simak ulasan selengkapnya!

Tips dan Cara Mengatasi Baby Blues

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah baby blues. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengatur waktu istirahat

Anda sebagai ibu tentu memerlukan waktu untuk istirahat setelah mengurusi bayi. Oleh karenanya, demi mengatasi masalah baby blues, maka Anda harus mengatur waktu istirahat dengan baik.

Dalam hal ini, ada baiknya jika Anda bekerja sama dengan pasangan. Bagi waktu untuk menjaga si kecil secara bergantian agar kondisi tubuh masing-masing cenderung sehat dan tidak kecapekan. 

2. Hindari membebani diri

Setelah menjadi seorang ibu, memang ada tanggung jawab baru yang harus dilakukan. Namun, menambah beban diri sendiri adalah hal yang salah. Seringkali, hal tersebut menjadi sebab terjadinya baby blues.

Oleh karenanya, hindari membebani diri sendiri terlalu berlebihan, Sadari jika urusan mengurus bayi adalah urusan berdua dengan pasangan sehingga beragam hal bisa didiskusikan sebelumnya untuk meringankan.

3. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan juga bisa menjadi solusi dari masalah baby blues yang terjadi. Dengan pola makan yang cenderung teratur, maka mood akan cenderung lebih stabil dan lebih baik. Selain itu, ada baiknya jika Anda juga melakukan olahraga secara teratur untuk menjaga kondisi.

Beberapa hal di atas adalah cara mengatasi baby blues yang bisa Anda lakukan. Sebagai tambahan, biasakan untuk berbagi cerita saat memiliki masalah agar baby blues tidak terjadi dan kesehatan Anda lebih terjaga.

0 komentar:

Posting Komentar