Jumat, 19 Maret 2021

5 Gejala GERD Umum yang Perlu Diketahui


Setiap orang tentu saja pernah mengalami masalah pencernaan. Sehingga membuat pencernaan merasa dan bagian perut merasa tidak nyaman. Salah satu kondisi yang bisa membuat rasa tidak nyaman tersebut seperti ketika mengalami berbagai gejala yang disebabkan oleh GERD.

GERD merupakan gastroesophagael reflux disease yang merupakan kondisi ketika makanan dan minuman yang kembali naik ke bagian kerongkongan. Dimana kondisi ini bisa terjadi dan merupakan penyebab kronis yang terjadi pada sistem pencernaan.

Oleh karena itulah perlu diperhatikan dan ditangani dengan tepat agar tidak mudah kambuh ataupun bisa menjadi penyakit yang berbahaya. Cara yang dapat dilakukan tersebut adalah dengan mengenali gejala GERD seperti berikut ini:

1. Nyeri ulu hati

Gejala pertama yang dapat dialami adalah ketika GERD kambuh adalah rasa nyeri yang ada di bagian ulu hati. Hal ini merupakan gejala yang umum terjadi karena naiknya makanan dan minuman ke bagian kerongkongan.

Hal ini akan membuat rasa sensasi terbakar dan juga panas di ulu hati. Rasa panas dan seperti terbakar tersebut juga dikenal dengan heartburn dan bisa mempunyai durasi yang beragam tergantung dari keparahan. Akan tetapi untuk durasi hearburn ini cukup lama yaitu dua hingga tiga jam.

2. Nyeri setelah makan

Gejala selanjutnya yang dapat dirasakan adalah ketika mengalami nyeri setelah makan. Rasa ini bisa terjadi karena makanan yang memicu pengeluaran asam lambung. Nyeri setelah makan tersebut akan membuat makanan naik dan juga bisa mengalami mual. Oleh karena itulah untuk menghindari rasa nyeri setelah makan ini bisa untuk memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Anda bisa menghindari makanan yang dapat membuat masalah asam lambung kumat. Seperti makanan dari bahan kopi atau kafein, cokelat, dan juga makanan yang berlemak. Berbagai jenis makanan tersebut dapat menurunkan kekuatan katup esophagus sehingga akan membuat seseorang mudah mengalami kenaikan asam lambung.

3. Rasa pahit di mulut dan suara serak

Gejala selanjutnya yang juga bisa dirasakan ketika mengalami GERD adalah rasa pahit di bagian mulut. Ketika mengalami naik asam lambung, maka akan merasakan sensasi yang tidak nyaman hingga ke tenggorokan. Hal tersebut juga membuat mulut menjadi pahit atau asam.

Adapun untuk rasa pahit ini dapat terjadi setelah bangun tidur dan mengalami sensasi asam yang ada di ujung lidah. Selain itu juga bisa menyebabkan suara serak karena terjadinya iritasi yang ada pada bagian pita suara dan tenggorokan.

4. Mual dan radang tenggorokan

Gejala GERD yang biasa terjadi berikutnya adalah bisa rasa mual hingga rasa ingin muntah. Mual tersebut bisa juga disebabkan karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang membuat asam lambung naik seperti yang telah disebutkan di atas.

Karena naiknya asam lambung tersebut membuat rasa mual, sehingga akan lebih baik untuk menghindari makanan yang bisa menyebabkan kondisi ini. Selain itu juga bisa mengalami radang tenggorokan karena terjadinya iritasi yang ada di bagian tenggorokan.

5. Kesulitan menelan

Gejala terakhir ketika mengalami GERD adalah akan mengalami kesulitan menelan. Kondisi ini dapat membuat tenggorokan mengalami masalah sehingga bisa sakit tenggorokan. 

Sehingga hal tersebut akan membuat radang yang terjadi di sepanjang esophagus. Apabila mengalami radang tenggorokan juga akan membuat kesulitan untuk menelan. Anda juga akan merasakan sensasi makanan yang dapat mengganjal sehingga membuat rasa tidak nyaman ketika mengkonsumsi makanan dan bisa mengurangi nafsu makan.

0 komentar:

Posting Komentar