Jumat, 18 September 2020

Usaha Maksimal dengan Budget yang Minimal


Saat ini usaha modal kecil menjadi langkah awal untuk merintis bisnis kecil-kecilan. Sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia dan berlimpahnya pencari kerja, banyak orang merasa kesulitan dalam mencari pekerjaan. Apalagi semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin ketat persaingan kerja yang harus dihadapi.

Banyak diantaranya yang akhirnya memutuskan untuk mengambil pekerjaan yang tidak sesuai dengan klasifikasinya. Namun tak jarang juga yang akhirnya memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri, salah satu pilihannya yakni dengan membuka usaha bermodal kecil.  

Kendala umum usaha kecil

Banyak orang merasa ragu-ragu ataupun enggan untuk membuka usahanya sendiri karena keterbatasan modal yang dimiliki, sumber daya manusia yang kurang terampil serta ketakutan menanggung kerugian jika bisnis tidak berjalan lancar.

Hal utama yang menjadi penyebab banyaknya usaha modal kecil yang tidak berjalan lancar adalah tidak adanya buku catatan yang dapat membantu dalam pencatatan transaksi keuangan sekaligus memantau alur kas masuk dan keluar. Padahal dengan adanya pencatatan ini akan sangat berguna untuk memantau perkembangan dari suatu usaha yang tengah dijalankan.

Jenis-jenis usaha yang dapat dijalankan dengan modal sedikit

Kini keterbatasan modal tak dapat menjadi alasan untuk tidak memulai usaha karena seiring dengan perkembangan zaman maka semakin banyak pula peluang usaha modal kecil yang dapat dicoba oleh pebisnis pemula. Usaha tersebut diantaranya adalah:

1. Budidaya atau beternak ayam petelur ataupun ikan air tawar seperti lele, nila, maupun gurame

2. Meski jumlah konsumen yang terbatas namun menyewakan perlengkapan bayi juga dapat menjadi salah satu pilihan ide bisnis

3. Membuka Pom Mini (Pertamini)

4. Menerima pesanan bingkisan untuk hari raya, natal maupun hari besar lainnya seperti pernikahan dan ulang tahun

5. Membudidayakan tanaman organik dan menjualnya

6. Membuka salon kecantikan dan barbershop

7. Menjual Makanan olahan yang dibekukan (frozen food) dan kue-kue kering

8. Membuka warung kopi dan makanan instan yang diminati semua kalangan

9. Toko Kelontong

10. Membuka tempat cuci motor

11. Menyediakan jasa reparasi barang-barang elektronik seperti TV, komputer, dll

12. Usaha air galon isi ulang dan LPG delivery

13. Jasa laundry kiloan yang populer di kalangan mahasiswa dan karyawan

14. Menyediakan pulsa, paket internet dan payment point online banking PPOB seperti BPJS Ketenagakerjaan, PLN pasca bayar dll

15. Bagi yang suka memasak dapat membuka usaha katering

16. Menjadi dropshipper dengan menjadi perantara antara supplier dan pelanggan

17. Menjahit pakaian maupun permak jeans

Demikian beberapa usaha dengan modal yang sedikit, meski demikian butuh ketelatenan dalam menjalankan sebuah usaha agar tidak patah di tengah jalan. Buku kas dapat membantu anda dengan buku catatan keuangan sehingga pengeluaran dan pemasukan menjadi lebih terkontrol. 

0 komentar:

Posting Komentar