Kamis, 24 September 2020

Inilah Tindakan yang Tepat dan Bisa Dilakukan untuk Pemulihan Pasca Stroke Ringan


Orang yang sudah terkena stroke akan mengalami gangguan fungsi otak baik secara ringan atau berat. Dan biasanya orang yang sudah terkena stroke untuk bisa hidup normal seperti sedia kala juga akan susah. Dan kita juga pasti sudah banyak yang tahu bahwa stroke terbagi menjadi dua yakni stroke yang sudah berat dan stroke ringan. Meski kedengarannya ringan, akan tetapi jangan pernah meremehkan yang namanya penyakit stroke karena akibatnya bisa sangat fatal. Apabila seseorang telah mendapatkan perawatan di rumah sakit akibat stroke dan kebetulan sudah boleh pulang ke rumah, maka diperlukan yang namanya tindakan pemulihan pasca stroke. 

Stroke merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang siapa saja bisa menderita penyakit ini. Dahulu mungkin stroke memang identik dengan mereka yang sudah berusia lanjut atau lansia. Akan tetapi untuk saat ini sudah banyak sekali kasus yang menyebutkan bahwa mereka yang masih muda bahkan sudah banyak yang terkena stroke dan bisa sampai pada kematian. Cukup fatal bukan? Biasanya mereka yang masih berusia muda dan sudah terkena stroke karena disebabkan oleh banyak sekali hal, seperti misalnya adalah karena gaya hidup yang tidak sehat atau bisa juga karena pola makan yang tidak terjaga dengan baik. 

Maka dari itu, apabila seseorang sudah terkena stroke misalnya seperti stroke ringan, apabila sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit biasanya akan dilanjutkan dengan tindakan pemulihan untuk pasien pasca stroke ringan yang bisa dilakukan di rumah sakit. Untuk mendampingi pasien stroke memang bukan hal yang mudah, ada beberapa hal yang penting dan perlu untuk diperhatikan supaya pasien bisa kembali normal seperti biasa meski tidak sepenuhnya normal. Dan berikut ini adalah beberapa tindakan pemulihan untuk pasien pasca stroke ringan: 

Ajari untuk menggerakkan bagian tubuh 

Langkah pertama yang bisa diambil untuk memberikan tindakan pemulihan bagi pasien pasca stroke ringan adalah dengan cara melatihnya untuk menggerakkan anggota tubuhnya yang awal mulanya tidak bisa berfungsi dengan baik untuk digerakkan secara perlahan. Ingat, jangan memaksa pasien karena bisa membuatnya merasa tertekan. Latih secara sabar dan perlahan-lahan. Ajari mereka mengangkat tangan atau menggerakkan tangan dan kaki atau anggota tubuh yang lain supaya fungsi otak bisa kembali normal dan proses penyembuhan berjalan lancar. 

Latih untuk menelan makanan 

Tindakan pemulihan selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk pasien penderita stroke ringan adalah dengan cara memberikan latihan kepada pasien untuk menelan makanan sedikit demi sedikit. Hal ini akan sangat membantu pasien untuk melatih kinerja otaknya supaya bisa normal kembali. Dengan begitu nantinya tindakan pemulihan juga akan membuahkan hasil karena pasien secara perlahan juga akan mengalami perkembangan yang signifikan. 

Memberikan tindakan pemulihan pasca stroke yang dilakukan sendiri di rumah misalnya, memang tidak mudah. Butuh ekstra kesabaran dan pengetahuan yang lebih supaya bisa membuat pasien bisa tetap nyaman apabila sedang menjalani perawatan yang Anda lakukan. Tetapi bila memang Anda membutuhkan perawat yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu Anda memberikan tindakan pemulihan pada salah satu keluarga Anda yang terkena stroke, di Aido Anda bisa mendapatkan perawat yang tepat dengan kualitas pelayanan perawatan yang baik dan professional. Para perawat di Aido sudah memiliki STR dan yang terpenting di Aido harga yang diberikan juga sangat terjangkau dan banyak diskon serta perawat bisa dipanggil ke rumah lengkap dengan alat kesehatan yang dibutuhkan pasien. 

0 komentar:

Posting Komentar