Senin, 21 September 2020

5 Cara Meningkatkan Peluang Ekspor Pertanian di Indonesia


Indonesia merupakan negara di ASEAN yang memiliki potensi sumber daya alam luar biasa. Ekspor produk pertanian, perkebunan, perhutanan, pertambangan, dan lain-lain masih potensial. Misalnya ekspor kayu gaharu dari Kalimantan Utara, sayur dan buah, komoditi kopi, tembakau, rempah, dan masih banyak barang ekspor lain. Sebagai pengusaha perseorangan, Anda tetap bisa membuka peluang ekspor di bidang pertanian, lho! Gunakan jasa ekspor ke luar negeri untuk pengiriman produk pertanian atau hortikultura. 

Meningkatkan nilai ekspor pertanian 

Semua orang di dunia butuh bahan pokok makanan, namun tidak semua negara memiliki lahan pertanian yang mencukupi kebutuhan harian. Negara Singapura sangat bergantung dari ekspor pertanian negara lain seperti Indonesia. Kalau Anda sudah menjadi eksportir, wajib tahu bagaimana cara meningkatkan nilai ekspor setiap tahun berkembang pesat yaitu :

1. Lebih giat promosi

Meski Anda menjual produk makanan pokok yang dibutuhkan semua orang, tetapi promosi harus tetap dilakukan sama seperti barang lain. Gunakan fasilitas internet untuk memaksimalkan strategi pemasaran bisnis Anda. 

2. Mengetahui cara ekspor yang baik 

Sebagian besar penduduk Indonesia berprofesi sebagai petani untuk menopang kehidupan perekonomian sehari-hari. Demi meningkatkan taraf hidup lebih baik, Anda bisa membangkitkan ekonomi petani sekitar dengan mengekspor barang ke luar negeri. Sebaiknya ketahui bagaimana cara ekspor produk pertanian yang aman dan sesuai prosedur yang berlaku. 

Tata cara melakukan ekspor, aturan pemerintah yang berlaku, dokumen penunjang, dan lain-lain harus Anda penuhi lebih dulu. Jika semua persiapan sudah matang, Anda bisa langsung menghubungi jasa kirim luar negeri untuk kemudahan proses pengangkutan dan pengecekan barang. 

3. Bekerja sama dengan eksportir terpercaya 

Sebelum melakukan kegiatan ekspor, Anda pasti mencari informasi lengkap terkait potensi dan peluang pasar luar negeri. Bagi Anda yang masih awam terkait kegiatan yang memiliki risiko tinggi, bisa bekerja sama dengan perusahaan eksportir yang terpercaya. 

4. Melakukan packing barang dengan baik 

Produk pertanian merupakan jenis komoditi yang mudah rusak sehingga Anda wajib melakukan packing sebaik mungkin. Packing rapi dan tidak rusak bisa mendapatkan persetujuan bea cukai lebih mudah. 

Pengecekan barang yang dilakukan juru pemeriksa barang tidak akan menghadapi kendala. Barang Anda bisa terkirim ke luar negeri sesuai estimasi waktu saat Anda memilih jasa kirim ekspor yang berpengalaman. 

5. Menerima pembayaran sebelum mengekspor barang 

Sama seperti jual beli online skala kecil, eksportir harus menyelesaikan proses transaksi dengan importir sebelum mengirim barang. Pastikan tidak ada kendala terkait pembayaran seperti penerimaan uang dalam bentuk dollar atau mata uang negara lain. 

Cara meningkatkan nilai ekspor pertanian di atas bisa menjadi tips untuk Anda yang ingin melakukan ekspansi bisnis. Pertanian merupakan bisnis yang memiliki peluang unggul sebab masuk kategori bahan pokok hidup manusia. Jangan lewatkan peluang menjadi eksportir produk pertanian ternama di Indonesia, ya! Pilih jasa kirim ekspor paling rekomended untuk mengirimkan barang Anda sampai tujuan dengan kondisi aman atau tidak cacat. Jangan lupa mengurus asuransi ekspor yang mengcover kerugian untuk risiko tidak terduga.

0 komentar:

Posting Komentar