Senin, 09 Maret 2020

Kenali Apa Itu E-Procurement B2B Marketplace Indonesia dan Manfaat Mengikutinya


Jika Anda adalah pelaku usaha baru, mungkin Anda baru mendengar apa itu eprocurement. Tenang saja, semua bisnis pasti perlu pembelajaran. Entah itu di bagian barang atau jasa, memahami dan mengetahui hal baru akan mendatangkan manfaat terbaik untuk Anda. Untuk itu, yuk kenali apa itu eprocurement B2B Marketplace Indonesia dan apa saja manfaat mengikutinya di artikel berikut ini.

Apa itu Eprocurement B2B Marketplace?

Sebelum Anda mengetahui apa itu eprocurement, ada baiknya Anda mengetahui apa itu proses pengadaan terlebih dahulu. Procurement atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama pengadaan barang tentu merupakan satu kesatuan dalam sebuah usaha perdagangan. Tidak hanya selalu bersinggungan dalam pasar, pengadaan juga memegang peranan penting untuk menentukan keberhasilan suatu bisnis.

Ditinjau dari pengertiannya, proses pengadaan adalah kegiatan membeli suatu produk yang dibutuhkan dalam jumlah tertentu dengan harga dan kualitas yang sudah disepakati untuk berjalannya suatu bisnis. Ada beberapa aktivitas dalam proses ini, yaitu pemesanan, pemilihan vendor, pembayaran, hingga kontrak pembelian.

Sekarang ini, eprocurement B2B Marketplace Indonesia terbagi menjadi dua jenis, yakni pengadaan secara konvensional dan eprocurement yang tentunya prosedurnya pun sangat berbeda. Hal ini lantaran konvensional membutuhkan sinergi dan koordinasi yang tepat antar pekerja agar tidak terjadi kesalahan dalam mengurusi setumpuk berkas, sementara eprocurement hanya membutuhkan fasilitas software saja.

Jika setumpuk berkas di pengadaan konvensional seperti dokumen invoice, purchase order, kontrak, hingga penerimaan itu diurusi oleh karyawan, maka di eprocurement b2b, dokumen-dokumen tersebut dikomputerisasi oleh software dimana nanti mereka akan diolah sedemikian rupa untuk memudahkan berjalannya sistem. Inilah yang menjadikan mengapa eprocurement sangat efektif dan minim kesalahan dibanding konvensional.

Manfaat Eprocurement B2B Marketplace Indonesia Bagi Perusahaan Anda

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengikuti eprocurement B2B Marketplace Indonesia, antara lain :

1. Sistem Terintegrasi dengan Baik

Rupanya, software yang Anda gunakan dalam sistem eprocurement tidak hanya untuk memudahkan Anda dalam belanja pengadaan secara online saja. Malah, software yang Anda gunakan dapat mengotomatisasi keseluruhan prosedur, fungsional, dan juga kebijakan proses eprocurement di dalam perusahaan. Jadi Anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan satu per satu karena sistem sudah terintegrasi seluruhnya.

2. Waktu Lebih Efisien

Lantaran Anda tidak perlu mengulangi proses pengadaan karena sudah otomatis, maka waktu yang dipakai oleh seluruh pihak di dalam tim pengadaan akan lebih efisien. Mereka bisa mengalokasikannya ke tugas lain sehingga juga akan sangat berguna dalam membantu manajemen perusahaan dalam mengembangkan bisnis dengan cepat.

3. Mendapat Banyak Untung

Lantaran sistem sudah terintegrasi dengan baik, maka proses pengadaan akan sangat mudah, lancar, dan tepat waktu. Jika sudah begitu, maka tidak mungkin usaha Anda menjadi semakin maju sehingga Anda dapat meraup keuntungan yang lebih banyak dibanding jika Anda masih menggunakan sistem pengadaan konvensional.

Demikian sekilas ulasan kali ini tentang apa itu eprocurement B2B Marketplace Indonesia dan juga manfaat mengikutinya. Semoga ulasannya bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar