Senin, 17 Februari 2020

Apa Lampu Hid Mobil Atau Lampu Led yang Tepat untuk Mengganti Lampu Halogen Mobil Anda?


Lampu pada mobil merupakan salah satu komponen keamanan yang penting untuk dijaga kondisinya. Lampu utama merupakan lampu yang bisa dikatakan paling penting karena bukan hanya memberi pertanda seperti lainnya namun juga sebagai sumber cahaya. Dengan lampu utama yang menyala terang, pengemudi dapat melihat jalan di hadapannya sehingga mengemudi dengan baik apalagi jika di sana tak ada lampu jalanan. Jenis lampu yang digunakan untuk lampu utama saat ini adalah lampu led dan lampu hid mobil. Namun untuk mobil keluaran lama masih memakai lampu halogen yang berwarna kekuningan.

Dengan munculnya banyak mobil baru yang memakai lampu led atau hid dengan nyala putih terang, kini banyak pemilik mobil lama tertarik untuk juga mengganti lampu utamanya dengan led atau hid yang memiliki warna nyala putih. Nyala lampu putih pada mobil dinilai lebih trendy untuk masa kini dibandingkan warna nyala kuning dari lampu halogen. Selain itu baik led maupun hid membutuhkan energi lebih hemat sehingga penggunaan bahan bakar dan aki juga bisa berkurang.

Jika Anda pemilik mobil yang masih memakai lampu halogen dan ingin memiliki nyala putih terang seperti mobil baru, Anda bisa memilih untuk mengganti lampu halogen menjadi lampu led atau hid. Saat ini baik lampu led atau hid sudah bisa Anda beli di pasaran seperti di Rumah Modifikasi dengan mudah. Rumah Modifikasi merupakan toko online yang menjual berbagai jenis lampu, spare part dan aksesoris mobil lainnya sehingga Anda bisa memilih dengan leluasa. Rumah Modifikasi dapat Anda akses kapan saja dan dimana saja sehingga Anda tak perlu keluar rumah untuk belanja.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih lampu hid untuk mobil atau lampu led yang akan digunakan, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui sebelumnya:

1. Proyektor.

Lampu led dapat dipasangkan ke soket lampu halogen jika Anda memilih dengan benar. Selain itu lampu led juga bisa dipakai tanpa Anda mengganti proyektor lampu sehingga lebih menghemat biaya. Namun sebenarnya lampu led akan lebih terang jika dipasang ke proyektor bertipe diamond cut. Memasang lampu led ke kaca proyektor akan membuatnya sedikit redup karena harus menembus dua lapis kaca. Jika Anda memilih untuk menggunakan lampu hid, maka sebaiknya mengganti semua komponennya termasuk proyektor, kaca dan mika agar hasil pencahayaan maksimal.

2. Harga.

Lampu led memiliki harga jual yang lebih ekonomis jika dibandingkan dengan lampu hid. Namun lampu led juga memiliki kelemahan dimana jika salah satu modulnya rusak maka Anda harus mengganti keseluruhan bohlam lampu karena modul tidak bisa diperbaiki. Sedangkan lampu hid relatif lebih awet karena menggunakan gas xenom dengan prinsip kerja seperti lampu neon.

3. Daya.

Lampu hid umumnya memiliki daya yang lebih besar dibandingkan lampu led untuk bisa menghasilkan lampu terang maksimal. Hal ini akan berpengaruh pada penggunaan bahan bakar yang lebih boros meski tak seboros pada halogen. Selain itu seperti dikatakan tadi bahwa dengan memakai lampu hid lebih baik Anda mengganti komponennya karena lampu hid menghasilkan panas. Lampu led menghasilkan nyala yang terang dengan watt yang lebih kecil.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan jika lebih baik Anda menggunakan lampu led jika ingin lebih hemat. Sedangkan untuk lampu hid mobil lebih baik dipakai untuk jenis mobil mewah dan besar sehingga membutuhkan cahaya yang lebih terang dan mampu mengatasi aliran panas dari gas xenon

0 komentar:

Posting Komentar