Rabu, 09 Oktober 2019

Efektif, Begini Cara Hemat Listrik Rumah Tangga Bagi Pasangan Milenial


Pemakaian listrik yang boros mengakibatkan banyak kerugian, diantaranya bagi keuangan bulanan Anda, dan juga bagi bumi. Terlebih, kini tidak sedikit pasangan muda yang belum tahu betapa sia-sia nya pemakaian listrik yang berlebihan. Nah, untuk mengantisipasi agar pengeluaran biaya listrik bulanan Anda jebol, yuk intip beberapa cara hemat listrik rumah tangga pasangan milenial 
Meski Anda sudah merasa hemat, namun kebiasaan boros listrik bagi generasi milenial nyatanya belum sepenuhnya hilang ya. Apalagi jika sudah mendapati tagihan listrik yang membuat Anda dan pasangan di rumah menjadi berpikir dua kali. Nah, mungkin ada beberapa hal atau kegiatan yang belum Anda ketahui bahwa hal tersebut ternyata bisa membuat Anda boros listrik, meski hanya sebuah hal sepele.  
Sehingga, cara hemat listrik rumah tangga pasangan milenial, sepertinya harus diterapkan, agar bisa memperkecil tagihan listrik Anda. Karena selain boros, hal lain yang membuat milenial tidak sadar mungkin karena masih belum berpengalaman hidup berkeluarga, sehingga belum bisa mengatur pasokan listrik yang normal di rumah.  
Berikut cara hemat listrik rumah tangga pasangan milenial ini, mungkin bisa dijadikan solusi memperkecil tagihan listrik bulanan Anda: 

1. Matikan Semua Alat Elektronik Sebelum Tidur, Kecuali Lampu Tidur

Cara hemat listrik rumah tangga pasangan milenial yang pertama adalah matikan semua alat elektronik sebelum tidur. Kebiasaan menyalakan lampu dan televisi saat tidur, mungkin memang menjadi kebiasaan yang sepele bagi para pasangan muda. Namun, ternyata menyalakan alat elektronik ketika tidur dapat membengkakkan tagihan listrik Anda loh.  
Terlebih, kini masih banyak kebiasaan men-charger handphone sambil dimainkan sebelum tidur hingga pagi. Dan ternyata kebiasaan tersebut tidak baik loh, terutama untuk kesehatan mata, tagihan listrik hingga keawetan batrai ponsel. Nah, daripada tagihan listrik bulanan Anda jebol, sebaiknya Anda matikan semua alat elektronik, kecuali lampu tidur atau mungkin kipas angin dan AC. 

2. Ganti Lampu Bohlam dengan Lampu LED

Cara hemat listrik rumah tangga pasangan milenial berikutnya adalah dengan mengganti penggunaan lampu bohlam dengan lampu LED. Hal itu dikarenakan bahwa saat ini sudah ada teknologi lampu LED yang memiliki caha yang sama terangnya dengan lampu dengan lampu watt normal. 
Namun, meski bisa menghemat, harga lampu LED ini harganya bisa dua kali lipat lebih mahal dari pada lampu biasa. Akan tetapi, demi hemat listrik, lampu LED sangat membantu meringankan pengeluaran tagihan listrik Anda loh. Pasalnya, lampu LED memiliki usia yang cukup lama.  

3. Cabut Kabel dan Peralatan yang Tidak Digunakan dari Saklar

Nah bagi pasangan milenial yang suka meninggalkan chargeran ponsel dengan kondisi dibiarkan menancap di saklar, ternyata bisa tetap mengalirkan listrik loh. Sehingga listrik akan tetap berjalan meskipun sedang tidak digunakan. Akibatnya, listrik akan terbuang sia-sia. Tidak hanya chargeran ponsel, kabel TV yang sedang dipakai juga sebaiknya dicabut, atau alat elektronik lainnya.  

4. Pasang AC seperlunya

Berikutnya ada cara hemat listrik rumah tangga pasangan milenial yang lumayan ampuh, yakni menggunakan AC dengan seperlunya. Pasalnya AC merupakan alat elektronik yang berpengaruh besar terhadap tagihan listrik Anda. Dan semua tergantung pemakaian Anda. 
Cara hematnya, Anda bisa kecilkan suhu AC jika di dalam ruangan hanya ada 1-3 orang. Jika perlu jangan mengatur suhu hingga di suhu paling rendah, karena hal ini bisa membuat tagihan listrik Anda mmebeludak. Dan jangan lupa matikan AC jika sedang tidka digunakan, atau ketika tidak ada orang di rumah. 
Nah itulah beberapa cara hemat listrik rumah tangga pasangan milenial, agar tahu bagaimana cara berhemat listrik walaupun hanya hal-hal sepele. Terlebih, tahun depan kabarnya tarif listrik akan naik. Untuk mengetahui informasi terkait naiknya tarif listrik tahun depan, Anda bisa membaca artikel lengkapnya di link berikut ini: https://www.cekaja.com/info/cara-hemat-listrik-rumah-tangga-yang-tahun-depan-tarifnya-bakal-naik/

0 komentar:

Posting Komentar