Jumat, 27 September 2019

Mau jadi Fotografer Profesional? 7 Perlengkapan Fotografi Ini Wajib Kamu Miliki!

Sumber: pinterest.com 

Biasanya seorang fotografer itu mempunyai konsep fotografi yang sudah dipahami sebelumnya, seperti memotret sesuatu  yang indah yang dibuat dengan objek lebih menarik lagi misalnya. Bukan hanya objek-objek mewah saja yang bisa kamu coba untuk memotret, namun dengan objek-objek sederhana atau yang membosankan pun bisa dicoba untuk dijadikan objek yang lebih bagus. Tentunya dengan teknik dan pemotretan yang tepat!

Seperti yang kalian ketahui, bahwa fotografi merupakan sesuatu hal yang sangat indah  dengan banyaknya kreativitas-kreativitas dan temuan yang ada.  Hal  ini pastinya menjadi ilmu dan perjalanan yang menyenangkan untuk kamu para fotografer pemula, selain itu kamu juga perlu sedikit saran mengenai objek atau pemilihan tempat yang menarik. Saat memulai fotografi, kamu juga perlu tahu dengan yang namanya konsep dasar agar menghasilkan foto yang keren.

Untuk menjadi seorang fotografer yang handal, tentunya kamu perlu mengenal dan memiliki alat-alat yang diperlukan untuk memotret mulai dari kamera DSLR, laptop, lensa, tripod, lighting, harddisk, dan background. Nah, biar lebih jelasnya lagi nih, kamu bisa menyimak 7 peralatan ini agar dapat menghasilkan foto seperti fotografer profesional, berikut ini. 

1. Kamera DSLR

Sumber: pinterest.com 

Alat pertama yang perlu kamu miliki yakni, kamera DSLR. Untuk memotret suatu objek pastinya kamu perlu menggunakan kamera agar dapat memotret dengan mudah. Walaupun hal ini nampak mudah, tetapi kamu juga perlu mengetahui banyak hal tentang kamera agar dapat menghasilkan foto yang bagus dan keren. 

Pilihlah kamera DSLR untuk memotret agar menghasilkan jepretan level professional. Supaya kamu tidak bingung lagi nih, sekarang ini banyak toko-toko online yang jual kamera dengan level professional yang bisa kamu pilih. Mulai dari  kamera Canon EOS 5D Mark IV, Canon EOS 80D, atau Nikon D300.

2. Laptop


Sumber: pinterest.com 

Perlengkapan yang perlu kamu miliki selanjutnya adalah laptop. Laptop ini dapat mempermudah kegiatan fotografi dengan cepat, tetapi pilihlah laptop yang mempunyai spesifikasi tinggi. Hal ini bermaksud untuk membantu kegiatan editing foto kamu agar tampak lebih bagus. Mungkin kamu bisa memilih laptop yang memiliki kecepatan 2.4 GHz dan RAM 4 GB agar dapat menyimpan hasil foto yang banyak.

3. Filter Lensa

Sumber: pinterest.com 

Nah selain lensa, kamu juga perlu menggunakan aksesoris kamera lainnya yakni filter lensa. Filter lensa ini bertujuan untuk melindungi lensa kamera kamu dari goresan dan debu yang bisa mengurangi intensitas cahaya saat memotret. Buat kamu yang memiliki kamera merek Canon, Nikon, dan Sony kamu bisa memilih filter lensa Makro Close-up Kit ini untuk kegiatan fotografi mu.

4. Harddisk eksternal 
Sumber: pinterest.com 

Saat melakukan kegiatan fotografi, pastinya kamu perlu keleluasan memotret agar mendapatkan hasil foto yang maksimal. Maka dari itu, kamu juga perlu hard disk eksternal ini untuk memindahkan hasil foto yang telah dipotret ke ruang penyimpanan. Hal ini bertujuan agar kegiatan fotografi mu tidak terhambat akibat ruang penyimpanan internal kamera yang penuh. 

5. Lighting

Sumber: pinterest.com 

Lengkapi lah kegiatan fotografi mu dengan lighting agar dapat menghasilkan foto yang stunning. Pakailah lampu tambahan ini ketika  kamu memotret di ruangan yang minim cahaya ataupun di tempat seperti studio.  Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lighting ini untuk memotret produk  agar dapat menghasilkan foto yang lebih jelas dan bagus.

6. Tripod 

Sumber: pinterest.com 

Aksesoris yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi buat kamu yang senang memotret objek menarik. Tripod merupakan salah satu alat yang bisa membantu dan memudahkan si fotografer, ketika memotret suatu objek yang tidak stabil. Tentunya tripod ini bisa membantu untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal. 

Nah, kamu juga bisa menemukan tripod murah di toko online / offline lainnya. Mungkin kamu bisa memilih Weifeng Tripod Stainless 3110 atau Takara Tripod Lightweight Eco-193A yang memiliki harga kisaran Rp100 ribuan saja.

7. Background


Sumber: pinterest.com 

Perlengkapan yang satu ini pastinya wajib untuk kamu miliki, apalagi buat kamu yang senang memotret di dalam ruangan. Dengan hadirnya background ini tentunya kamu masih bisa mengeksplorasi angle yang kamu inginkan. Nah, agar dapat menghasilkan foto yang lebih keren lagi nih, pilihlah background yang memiliki gambar atau warna yang lebih menarik untuk latar foto. 

Demikianlah pembahasan tentang perlengkapan atau alat-alat yang wajib kamu miliki untuk menjadi seorang fotografer profesional. Teruslah menekuni hobimu dengan benar-benar serius, agar bisa menjadi seorang fotografer yang profesional ya!

0 komentar:

Posting Komentar