Sabtu, 03 Agustus 2019

Tips Menggunakan Jasa Renovasi Rumah agar Lebih Menguntungkan


Ketika memilih kontraktor untuk membangun atau merenovasi rumah, biasanya kebanyakan orang cenderung memilih jalan yang praktis yakni dengan meminta referensi orang lain dan mencari melalui internet. Padahal sebenarnya ada banyak hal lain yang perlu dipertimbangkan. Nah agar hasilnya lebih maksimal dan sesuai, berikut tips menggunakan jasa renovasi rumah

Memiliki Legalitas yang Jelas

Sebelum memutuskannya, pastikan Anda mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya terlebih dahulu mengenai jasa renovasi yang hendak Anda gunakan. Pada umumnya jasa renovasi yang berkualitas memiliki situs website resmi atau kantor resmi yang bisa Anda kunjungi. Untuk itu pastikan jika mereka memiliki badan usaha yang disertai dengan surat izin yang masih berlaku. 
Tak hanya itu saja, jasa renovasi yang berkualitas biasanya juga menyediakan jasa konsultasi dan layanan pelanggan demi menambah kepuasan para calon pelanggannya. Dengan adanya layanan ini tentunya jika Anda memiliki pertanyaan atau keluhan dapat direspons dengan cepat. Untuk itu pastikan jasa yang dipilih memiliki kriteria tersebut ya. 

Sudah Berpengalaman dengan Hasil Kerja Berkualitas

Setelah Anda mengetahui legalitas perusahaannya, proyek yang sudah mereka kerjakan sebelumnya juga merupakan poin penting yang perlu Anda pertimbangkan. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi langsung proyek yang pernah dikerjakannya. Dengan begitu maka Anda bisa melihat secara langsung bagaimana hasil pekerjaan jasa yang hendak Anda pilih. 

Tak hanya itu saja, jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap, Anda juga bisa bertanya kepada kepala klien jasa tersebut. Semakin banyak para pelanggan yang memberikan tanggapan positif maka semakin bagus pula kualitas pengerjaannya. 

Penawaran Harga yang Sesuai

Agar bisa mendapatkan penawaran harga yang pas dan sesuai, pastikan Anda melakukan survei harga pasaran yang ada di kota Anda terlebih dahulu. Pasalnya tidak semua jasa renovasi selalu mematok harga yang mahal. Meski demikian pastikan juga untuk menghindari jasa renovasi dengan harga yang murah. Sebab mereka akan mengorbankan kualitas dan durasi pengerjaan. 

Hal paling tepat yang perlu Anda lakukan adalah dengan memilih jasa renovasi yang mampu menawarkan rencana anggaran dan biaya RAB yang sudah jelas. Dengan begitu maka Anda bisa berdiskusi dengan pihak jasa renovasi mengenai rincian biaya yang perlu disesuaikan. 

Mampu Memberikan Garansi Pengerjaan 

Jasa renovasi yang baik dan berkualitas biasanya akan memberikan garansi terhadap hasil pekerjaannya. Untuk itu pastikan Anda menanyakan apakah jasa tersebut mampu memberikan garansi terhadap kerusakan bangunan setelah pengerjaan. Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan. 

Menurut banyak contoh kasus, atap adalah hal yang paling sulit dijangkau pada pemeriksaan akhir. Tentunya memeriksa kebocoran tidak bisa dilakukan saat musim kemarau. Untuk itulah jaminan garansi sangat penting untuk disepakati bersama.

Buat Surat Perjanjian Kerja (SPK)

Demi mencegah kesalahpahaman dan kecurangan selama proses pengerjaan, pastikan Anda Surat Perjanjian Kerja atau SPK terlebih dahulu sebelum proses pengerjaan dimulai. Selain itu pastikan Anda jelaskan secara mendetail mengenai jumlah jam kerja dan tarif harga yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak di dalam SPK yang dibubuhi materai Rp6.000. 

Pastikan Anda membuat SPK ini dalam dua rangkah. Pertama untuk Anda sebagai seorang klien dan yang kedua untuk pihak jasa renovasi. Surat perjanjian ini dibuat guna mencegah proses pengerjaan yang lambat dan melebihi waktu kesepakatan yang sudah disetujui. 

Nah di atas merupakan beberapa tips menggunakan jasa renovasi rumah agar lebih menguntungkan. Selian menggunakan jasa renovasi yang berkualitas dan terpercaya, pastikan Anda juga mempertimbangkan beberapa poin di atas agar tak merugi di kemudian hari. Kini Anda dapat dengan mudah menemukan jasa renovasi yang berkualitas di sejasa.

0 komentar:

Posting Komentar