Jumat, 02 Agustus 2019

Ternyata Ini 5 Keunggulan Menggunakan Lampu HID Pada Kendaraan


Pemakaian lampu di dalam sebuah kendaraan apapun mulai diantaranya roda dua sampai dengan roda empat memang sangatlah penting. Seperti yang diketahui bahwa lampu ini sendiri memang digunakan sebagai sumber cahaya apalagi di malam hari, sebagai penerangan sehingga nantinya aktivitas berkendara tetap aman dan juga nyaman. Sehingga mungkin bagi Anda yang terbiasa dalam melakukan kegiatan berkendara pada malam hari harus lebih sering-sering dalam mengecek komponen tersebut apakah tetap bisa beroperasi dengan baik ataukah tidak. Jenis bohlam yang umum digunakan saat ini juga ada dua jenis, diantaranya adalah lampu HID dan juga LED.

Lampu LED termasuk dalam produk generasi terbaru yang sekarang banyak diaplikasikan pada kendaraan terbaru, karena nyalanya yang cukup terang dan juga tahan lama atau awet, mengingat ia tidak cepat panas ketika digunakan. Namun juga tidak bisa memungkiri jika seandainya masih cukup banyak diantara masyarakat yang setia dalam menggunakan jenis bohlam HID atau yang dikenal juga sebagai high intensity discharge ini, lampu yang cukup ampuh digunakan sebagai pengganti jenis bohlam halogen.

Lampu yang satu ini dikenal juga sebagai produk yang banyak digunakan pada motor trail, lalu sebenarnya apa keunggulan yang ditawarkan oleh lampu tersebut, berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

  1. Nyalanya super terang, memang benar jika bohlam HID ini dikenal karena pancaran cahayanya yang sangat terang dan juga super tajam. Sehingga bisa memberikan kualitas penerangan terbaik di malam hari, bahkan juga untuk menembus kabut, sehingga tak jarang fog lamp yang juga masih mengandalkan lampu super terang tersebut, 3 kali nyala lampu standar.
  2. Untuk suhu dari lampu yang satu ini juga beragam, mulai diantaranya adalah 3000k, 12000k dan juga 6000k, banyak yang merasa pemakaian lampu tersebut sangat cepat rusak karena mudah sekali panas, padahal sebenarnya tidak jika seandainya konsumen juga lebih hati-hati di dalam menjatuhkan pilihannya, jangan sembarangan pilih suhu terlalu besar jika tidak ingin mudah panas.
  3. Efisiensi dayanya hingga 70 persen, dari segi konsumsi daya atau jumlah daya yang digunakan untuk pemakaiannya sendiri juga tergolong cukup hemat, dimana ia bisa menghemat sampai dengan 70 persen, jadi lebih irit untuk pemakaian bahan bakarnya. Apalagi lampu yang satu ini juga dapat lebih memperluas jarak pandang atau penglihatan dari pengemudinya.
  4. Tidak disertai dengan adanya filamen cahaya pada bohlam ini, sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya dumpling, sehingga nantinya bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama. Dapat digunakan pada seluruh jenis lampu mobil Anda tanpa terkecuali, sehingga tidak perlu khawatir jika memang ingin mengganti lampu lama dengan jenis HID ini.
  5. Daya tahan lama, meskipun tidak selama LED, namun tetap saja jika diperhitungkan usia pakai dari bohlam HID ini sangatlah lama, karena ia tidak mudah putus. Mengingat ada sistem ketahanan yang ditanamkan pada rangkaian lampu tersebut. Sehingga dapat mempertahankan kondisinya secara lebih lama untuk jangka waktu lama.

Banyak bukan keunggulan dari jenis lampu HID ini, sehingga tak heran jika masih banyak diantara masyarakat yang bertahan dengan pemakaiannya. Bahkan jika dilihat dari segi harga jualnya di pasaran sendiri memang relatif cukup murah dibandingkan dengan harus membeli lampu LED. Sehingga bagi Anda yang budgetnya terbatas bisa menjadikan HID sebagai pilihan.

0 komentar:

Posting Komentar