Jumat, 16 Agustus 2019

5 Makanan yang Wajib Dicoba Saat Kamu ke Bandung!


Bandung merupakan kota yang menawarkan banyak hal menarik bagi para turis, mulai dari wisata alam yang sejuk dan instagramable, taman kota yang kreatif, dan jajanan unik khas Sunda yang wajib kamu coba. Kuliner Bandung bahkan memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kuliner. 

Jajanan yang khas dengan rasa asin, gurih, dan pedas memberikan kesan tersendiri bagi kamu yang belum pernah nyobain batagor, cilok, dan cireng. Biar kamu gak penasaran, wisata kuliner yuk ke Kota Bandung mumpung tiket pesawat lagi promo nih.

Makanan yang Wajib Dicoba Saat Kamu ke Bandung

Liburan ke Bandung tanpa wisata kuliner itu bagaikan sayur tanpa garam, hambar! So, kamu pasti tau dong kalau Bandung terkenal dengan jajanannya yang unik dan khas? Kayaknya seluruh Indonesia juga tau deh batagor, cuanki, seblak, cireng, dan peuyeum itu jajanan khas dari Bandung. 

Biasanya kan kita jajan batagor Bandung di luar Bandung, jadi rasanya pasti beda. Nah, kalo batagor Bandung yang asli lebih enak. Kita review satu-satu yuk makanan khas Bandung yang lainnya!

1. Batagor
Ternyata batagor itu kepanjangan dari bakso tahu goreng. Bahannya dari terigu dan sagu yang dicampur ikan sama tahu, kemudian dicetak segitiga terus digoreng. Bisa dibilang batagornya mirip pempek, yang bikin beda bumbunya. Kalau pempek dikasih cuka sama timun, nah kalau batagor pake saus kacang dengan rasa khas Sunda yang asin, gurih, dan pedasnya bisa disesuaikan dengan selera.

2. Cireng
Baru tau dong kalau jajanan Bandung banyak yang disingkat-singkat, cireng ini kepanjangan dari aci goreng. Aci itu semacam sagu yang diolah pake air panas terus dikasih rempah-rempah, dikasih isian terus dicetak, digoreng deh. Cireng Bandung sekarang banyak yang menginovasi, baik dari rasa maupun bentuknya. Harga jualnya juga murah, kamu bisa beli mentahnya buat dibawa oleh-oleh. 

3. Cuanki
Cuanki juga singkatan, tapi ini beda sama batagor dan cireng yang singkatannya menunjukkan makanan. Kalau cuanki singkatannya menunjuk pada cara penjual membawa dagangannya, yaitu cari uang jalan kaki. Sebenarnya cuanki hampir sama seperti bakso malang, dikasih mie, tahu, sama bakso, lagi-lagi yang bikin beda rasanya. 

Rasanya udah pasti khas Sunda yang identik dengan asin, gurih, dan pedas. Yang pada ngiler cus berangkat ke Bandung mumpung lagi ada promo tiket pesawat.

4. Seblak
Kalau seblak gak ada kepanjangannya, tapi menunjukkan jajanan khas yang dibuat dari bahan utama kerupuk. Jajanan yang satu ini sudah terkenal banget se-Indonesia kayaknya, jadi banyak yang menginovasi. Biasanya kita lihat ada penjual yang gabungin sama makaroni, mie, kwetiau, bakso, siomay, dan lain-lain. Sesuai ekspektasi, rasa seblaknya asin, gurih, dan pedas juga seporsinya banyak. 

5. Baso Tahu atau Siomay
Baso tahu itu temannya batagor, hampir mirip lah. Biasanya yang jual batagor sekaligus ada baso tahu. Baso tahu bisa kamu makan pagi-pagi atau malam buat gantiin makanan berat yang lain. Isinya pasti bikin kenyang karena ada baso, tahu, kentang, pare, telur, kol, terus pake saos kacang, tambah jeruk nipis biar seger!

Nah, kalau kamu ke Bandung wajib banget cobain lima makanan ini. Di tempat wisata juga banyak yang jual kok, mungkin kamu sekalian jalan-jalan terus kulineran. Liburan akhir tahun datang ke kota Bandung bisa jadi pilihan nih, jangan sia-siain promo tiket pesawat dari Pegipegi. Di Pegipegi kamu bisa pesan tiket pesawat dan booked hotel sekaligus dengan harga resmi, jadi harganya juga lebih murah. 

0 komentar:

Posting Komentar