Minggu, 21 Juli 2019

Inilah 5 Bahan yang Ampuh Hilangkan Bau Pada Sepatu


Sepatu menjadi salah satu item fashion yang bisa menunjang penampilan kamu menjadi lebih keren. Bagaimana tidak, kini banyak berbagai macam jenis sepatu yang disesuaikan dengan berbagai kebutuhan, seperti sepatu sneakers, boot, flat shoes, oxford, wedges, loafers, high heels, dan lain sebagainya. Sepatu-sepatu tersebut tentu saja banyak digemari oleh kalangan anak muda maupun orang dewasa. Sepatu-sepatu tersebut bisa membuat kamu menjadi lebih keren apalagi jika dimatchingkan dengan baju yang kamu pakai.

Saking kerennya, kemana-mana kamu selalu menggunakan sepatu. Namun, sepatu yang sering dipakai tentu saja akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Sepatu cenderung memiliki ruang yang tertutup sehingga tidak ada celah udara yang bisa masuk. Dengan begitu, bakteri dan jamur pun akan mudah tumbuh pada suhu yang lembab yang mana akan menimbulkan bau yang cukup menyengat. Oleh karena itu, kamu harus selalu senantiasa menjaga kebersihan sepatu agar tetap wangi dan bebas dari bakteri.

Bahan yang Ampuh Hilangkan Bau Pada Sepatu
Agar sepatu tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap, kamu harus membersihkannya setiap saat. Namun, membersihkan menggunakan sabun saja tidak cukup. Terkadang, bau tersebut masih saja menempel sehingga mengganggu indra penciuman. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Bahan-bahan di bawah ini bisa membantu menghilangkan bau tidak sedap pada sepatumu seketika.

1. Baking Soda
Selain digunakan untuk membuat kue, baking soda juga bisa digunakan sebagai pengusir bau tidak sedap pada sepatu. Caranya yaitu dengan menaburkan 1 sendok makan baking soda pada masing-masing sepatu, lalu diamkan seharian. Keesokan harinya, buanglah bubuk baking soda tersebut dan bau tidak sedap pun akan hilang. Selalu sedia baking soda agar kamu tidak bingung saat sepatu kamu mengeluarkan bau yang tidak sedap.

2. Cuka
Cuka merupakan salah satu bumbu penyedap yang bisa membuat makanan menjadi asam. Namun, cuka juga bisa menjadi solusi alternatif untuk sepatu kamu yang bau, meskipun cuka itu sendiri memiliki bau yang cukup menyengat. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup teteskan beberapa tetes cuka pada sepatu yang bau lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan bau tidak sedap pada kaki pun akan hilang.

3. Kulit jeruk
Setelah makan jeruk, sebaiknya jangan buang kulitnya. Kulit jeruk memiliki wangi yang sangat khas sehingga mampu untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Caranya yaitu letakan beberapa lembar kulit jeruk pada masing-masing sepatu, lalu diamkan selama seharian. Setelah itu, buang kulit jeruk tersebut dan cium sepatu kamu, pasti wanginya menjadi segar dan tidak apek.

4. Kertas Koran
Kertas Koran bekas ternyata bisa menjadi solusi alternatif bagi sepatu kamu yang bau. Koran bisa menyerap bau yang ada pada sepatu, sehingga banyak orang yang menggunakan cara ini. Caranya yaitu cukup gulung satu lembar Koran, dan letakan hingga bagian dalam ujung sepatu. Diamkan selama kurang lebih 2 jam, dan periksa apakah bau tersebut masih ada atau tidak. Jika masih ada, ulangi langkah tersebut hingga baunya hilang.

5. Teh celup
Selain menyegarkan badan, teh celup juga bisa untuk menyegarkan kembali kondisi sepatu kamu yang sudah bau apek. Caranya yaitu cukup masukan 1 buah teh celup pada sepatu dan biarkan selama beberapa jam. Dengan begitu, bau tidak sedap pun akan minggat.

Itulah bahan-bahan yang bisa membantu menghilangkan bau pada sepatu. Pastikan sepatu kamu tetap bersih luar dalam agar bisa tetap tampil keren dan kece.

0 komentar:

Posting Komentar